FIXBET88 Pelatihan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia

Pelatihan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia – FIXBET88 Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Menjadi seorang guru merupakan impian sebagian orang karena dengan menjadi seorang guru anda dapat…

Menjadi seorang guru merupakan impian bagi sebagian orang karena menjadi seorang guru memberikan kesempatan untuk berbagi ilmu kepada orang lain. Ada pepatah yang mengatakan bahwa orang terbaik adalah mereka yang membantu orang lain. Tapi mengajar bukanlah hal yang mudah. Selain kebutuhan akan pengetahuan yang berpengalaman, diperlukan sikap yang baik dan kreativitas yang tinggi, dimana guru harus memiliki banyak ide mengenai kegiatan pembelajaran, baik dalam hal metode pembelajaran maupun penyediaan perangkat pembelajaran.

Pelatihan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia

FIXBET88 Namun tidak semua guru memiliki kesempatan untuk mengembangkan media berbasis multimedia, sehingga tim pengabdian masyarakat Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA bekerja sama dengan SD Kramat Jati 24 menyelenggarakan kursus pelatihan pembuatan alat peraga multimedia.

Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Audio Visual Bagi Mahasiswa Pgsd Universitas Lampung

FIXBET88 Kegiatan ini dilakukan dalam dua tahap yaitu pada tanggal 28 Januari 2021 dan 11 Februari 2021. Lokasi kegiatan adalah SDN Kramat Jati 24 yang berlokasi di Jl. Pengabdian Masyarakat, Kramat Jati, Jakarta Timur. Kegiatan ini menargetkan guru sebanyak 20 orang. Pelatihan ini dilakukan atas permintaan mitra offline, mengingat secara teknis akan sulit untuk menyampaikan materi secara online. Tentunya, kegiatan tersebut dilakukan dengan protokol kesehatan yang ketat.

Sebagai orang pertama sumber materi dan direktur pelaksana, saya berbagi ilmu tentang pembuatan media pembelajaran yang menggabungkan PPT (Power point) dan video. Pada sesi ini guru-guru SDN Kramat Jati 24 diminta untuk menyiapkan PPT yang akan digunakan untuk mengajar, langkah selanjutnya adalah merekam video guru-guru yang sedang menjelaskan materi yang ada di PPT tersebut.

Proses ini sangat lancar dan cukup sederhana, apalagi hanya bisa dilakukan melalui smartphone. Tidak perlu banyak melakukan hal tersebut ketika terjadi kendala dalam pembelajaran online, guru dapat memberikan pilihan untuk secara cepat beralih antara media pembelajaran dengan media pembelajaran multimedia ini.

Pada kegiatan tahap kedua, Dr. Kasriman, M.Pd. Beliau menjelaskan materi pembuatan video pelatihan menggunakan KineMaster. Di sini peserta harus lebih sabar karena proses editing video agak lama tapi sebenarnya peserta bisa mengatasinya dengan baik.

Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Multimedia Sebagai Upaya Meningkatkan Kompetensi Profesionalisme Dan Kreativitas Guru Guru Sma Muaro Jambi

Agar kegiatan pembelajaran ini berjalan dengan lancar, 3 siswa dan mantan siswa juga dilibatkan. Mereka adalah mahasiswa lulusan teknik komputer yang tugasnya membimbing peserta dalam menyelesaikan materi pelatihan. Kegiatan pelatihan ini mendapat respon yang sangat baik dari para mitra dan mereka menyampaikan harapannya agar dilakukan pelatihan guru lebih lanjut agar proses belajar mengajar berjalan dengan baik dan menarik sehingga siswa tidak bosan saat belajar.

Secara keseluruhan, pelatihan ini berjalan lancar, meski sempat beberapa kali ditunda sejalan dengan himbauan PSBB dari pemerintah.

Namun, kegiatan ini belum dapat dilaksanakan mengingat kebutuhan perangkat pembelajaran yang interaktif dan mutakhir tidak dapat ditunda lama. Guru membutuhkan media agar siswa dapat memahami materi yang disampaikan dengan benar dan terhindar dari miskonsepsi. Di sisi lain, siswa menginginkan media edukasi yang tidak kalah menarik dengan apa yang mereka lihat sehari-hari melalui media sosial. Tidak dapat dipungkiri bahwa hampir semua kegiatan kita melibatkan teknologi, sehingga ketika guru tidak menguasainya dikhawatirkan siswa lebih tertarik belajar melalui media sosial daripada melalui bimbingan guru.

Peran seorang guru sangat diperlukan, apalagi dengan nilai-nilai karakter yang dapat ditanamkan seorang guru kepada siswanya sehingga mereka terlahir cerdas dan tech-savvy namun memiliki akhlak yang mulia. Dengan adanya perangkat pembelajaran berbasis teknologi ciptaan guru, siswa terhindar dari efek negatif yang dapat dialami saat menjelajah dunia maya saat berusaha mencari sumber belajar sendiri.

Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Bagi Guru Sd

Setelah kegiatan ini selesai, kami berharap para guru terus meningkatkan keterampilannya dalam membuat alat peraga multimedia. Hal ini tidak terlepas dari tuntutan zaman dimana setiap orang harus berhadapan dengan teknologi dalam kehidupan sehari-harinya, termasuk para pelajar yang saat ini berada di rumah dan kegiatan belajar hanya dapat dilakukan secara daring. Dengan adanya alat peraga multimedia buatan guru yang sangat memahami kepribadian setiap siswa membuat siswa aktif dalam pembelajaran mengingat kemungkinan terjadinya kebosanan belajar sangat tinggi ketika kegiatan pembelajaran dilakukan secara daring. Y. Riskiawan, DP Sarwo Setyohadi, dan AS Arifianto, “Pelatihan pengembangan alat peraga multimedia untuk meningkatkan kualitas dan kreativitas guru SMA,” j-dinamic, vol. 1, tidak. 1, hal. 48-52, Juni tahun 2016.

Kemajuan teknologi informasi merupakan salah satu peluang yang dapat dimanfaatkan pendidik untuk memperbaiki model pembelajaran. Sejumlah besar perangkat lunak yang tersedia dapat digunakan untuk membuat alat pembelajaran yang lebih interaktif dan melibatkan siswa dalam pembelajaran. Fasilitas internet yang tersedia juga merupakan peluang besar untuk dapat memperkaya konten materi yang dapat disiapkan untuk disampaikan kepada mahasiswa yang seharusnya dapat meningkatkan kualitas mahasiswanya.

Oleh karena itu, diperlukan kegiatan untuk meningkatkan kualitas dan kreativitas guru dalam mengembangkan perangkat pengajaran. Berangkat dari pemikiran tersebut, kelompok pengabdian kepada masyarakat mengadakan pelatihan komputer dan sosialisasi aplikasi komputer dengan tema kegiatan: “Pelatihan pengembangan alat peraga multimedia untuk meningkatkan kualitas dan kreativitas guru sekolah menengah”. Melalui kegiatan ini diharapkan para guru SMA ISLAM AL-HIDAYAH JEMBER mampu menguasai aplikasi teknologi informasi khususnya multimedia dan memanfaatkan teknologi tersebut dalam pengembangan alat peraga yang digunakannya.

Hartono, J. 2010. Analisis dan Desain Sistem Informasi: Pendekatan Aplikasi Bisnis, Teori dan Praktek Terstruktur. Yogyakarta: Andi Yogyakarta.

Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif

Sari, D E. 2007. Proposal Penelitian untuk Meningkatkan Keterlibatan Siswa dalam Pembelajaran Bahasa Inggris di Kelas VII SMP 9 Universitas Negeri Yogyakarta

Wibisono, I G. 2005. Membuat program komputer untuk anak sekolah dasar belajar operasi matematika dengan menggunakan Microsoft Visual Basic

Artikel yang diterbitkan di J-Dinamika dilindungi hak cipta oleh pengarang (copyright by authors) di bawah Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY). Sehingga seorang penulis yang menerbitkan naskah di J-Dinamika tidak memerlukan perjanjian pengalihan hak cipta untuk diserahkan kepada Dewan Redaksi.

J-Dinamika: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat diterbitkan oleh Politeknik Negeri Jember dan diproduksi oleh Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat. Politeknik Negeri Jember merupakan perguruan tinggi di bawah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, pelatihan pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis multimedia sebagai upaya peningkatan profesionalisme dan kreativitas guru SMA Muaro Jambi.

Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Bagi Guru Dengan Aplikasi Pembelajaran Berbasis Literasi Digital

Saat ini media pembelajaran multimedia berbasis teknologi informasi dan komunikasi (TIK) banyak digunakan dalam proses pembelajaran sebagai salah satu bentuk pengembangan media pembelajaran yang interaktif, serta dapat menarik minat, perhatian dan motivasi belajar siswa. Namun, salah satu kendalanya adalah kurangnya adopsi teknologi pengembangan multimedia pembelajaran berbasis TIK oleh guru. Oleh karena itu, diperlukan suatu kegiatan untuk meningkatkan kualitas profesional dan kreativitas guru dalam pengembangan multimedia.Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah demonstrasi dan praktik pembuatan menggunakan multimedia.

Juga tugas bagi guru untuk membuat alat peraga sebagai hasil kreativitas peserta dan di akhir kegiatan peserta akan diberikan evaluasi hasil evaluasi produk dan tanggapan peserta terhadap kebermanfaatan kegiatan . . Berdasarkan hasil observasi, rata-rata guru memiliki kemampuan sangat baik dengan poin 89,63 dalam memahami relevansi mengembangkan alat peraga, membuat alat peraga, mengetahui fungsi program, memasukkan teks dan memasukkan objek.

. Selain itu, berdasarkan hasil angket, para guru memberikan jawaban sangat baik dengan rata-rata 82,67 poin, karena peserta mendapat manfaat dari kegiatan ini dengan mempelajari pengoperasian program dan menguji kreativitas para guru. Pengembangan media sebagai bahan pendidikan.

Afrida, A., Harizon, H., Bakar, A., dan Sanova, A. (2018). Pelatihan pengembangan media interaktif berbasis multimedia pembelajaran sebagai upaya peningkatan profesionalisme dan kompetensi kreatif guru SMP Negeri Muaro Jambi. Jurnal Tenaga Kerja Pelayanan Publik, 2 (1), 15-22. https://doi.org/10.22437/jkam.v2i1.5426

Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Lectora Inspire Sebagai Media Pembelajaran Guru

Penggunaan non-komersial artikel ini diatur oleh Lisensi Atribusi Creative Commons sebagaimana yang saat ini tercermin dalam Lisensi Internasional Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Creative Commons.

Penulis menjamin bahwa artikel tersebut asli, ditulis oleh penulis, belum pernah dipublikasikan sebelumnya, tidak mengandung representasi ilegal, tidak melanggar hak orang lain, tunduk pada hak cipta, milik penulis sendiri dan bebas dari pihak ketiga hak cipta, dan bahwa penulis atau penulis telah memperoleh semua Izin tertulis yang diperlukan untuk mengutip dari sumber lain.

Semangat JKAM adalah menyebarkan artikel terbitan sebebas-bebasnya. Di bawah lisensi Creative Commons, JKAM mengizinkan pengguna untuk menyalin, mendistribusikan, menampilkan, dan menampilkan karya untuk tujuan non-komersial saja. Pengguna juga harus memberi kredit pada penulis dan JKAM saat menerbitkan karya di jurnal.

Jika artikel itu ditulis bersama oleh penulis lain, penandatangan formulir ini menjamin bahwa dia diberi wewenang oleh semua penulis bersama untuk menandatangani perjanjian ini atas nama mereka dan setuju untuk memberi tahu rekan penulis tentang persyaratan perjanjian ini.

Pelatihan Penggunaan Aplikasi Animaker Sebagai Media Pembelajaran Interaktif Selama Pandemi Covid 19

Perjanjian ini dapat diakhiri oleh Pencipta atau JKAM dengan pemberitahuan dua bulan jika pihak lain secara material melanggar Perjanjian ini dan gagal untuk memperbaiki pelanggaran tersebut dalam waktu satu bulan setelah menerima pemberitahuan dari pihak yang meminta untuk memperbaiki pelanggaran tersebut. Pelanggaran atau pelanggaran Perjanjian ini tidak akan mengakibatkan penghentian otomatis Perjanjian ini atau Lisensi ini atau memengaruhi definisi JKAM.

Perjanjian ini tidak memberikan hak kepada Pencipta atas royalti atau kompensasi lainnya. Sejauh diizinkan oleh undang-undang, penulis melepaskan hak untuk mengumpulkan royalti atas artikel sehubungan dengan penggunaan artikel tersebut.

Media pembelajaran berbasis teknologi, aplikasi untuk membuat media pembelajaran berbasis android, media pembelajaran berbasis multimedia pdf, aplikasi media pembelajaran berbasis android, pengembangan media pembelajaran berbasis android, media pembelajaran berbasis multimedia, pengembangan media pembelajaran berbasis multimedia, media pembelajaran berbasis multimedia interaktif, media pembelajaran berbasis game, judul skripsi media pembelajaran berbasis multimedia, media pembelajaran matematika berbasis it, media pembelajaran interaktif berbasis android

fixbet88
fixbet88
fixbet88
fixbet88
fixbet88

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *